RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/Semester : III (Tiga) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Materi : Kerja Sama
Jumlah Pertemuan : 1 kali pertemuan (3 x 30 menit)
Kurikulum : 2006
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan
kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.
B.
Kompetensi
Dasar
1.4 Melakukan kerjasama di
lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.4.1
Menjelaskan materi kerjasama
1.4.2
Memberikan 3 contoh kerjasama
dilingkungan sekolah.
1.4.3
Memberikan 3 contoh kerjasama di lingkungan
rumah.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah
melakukan tanya jawab dan menyimak penjelasan guru tentang kerjasama, siswa
dapat menjelaskan materi bekerja sama.
2. Dengan
media belajar selembar kertas yang berisi gambar kegiatan kerjasama, siswa
dapat melakukan kegiatan bekerjasama dilingkungan sekolah.
3. Dengan
bimbingan guru, siswa dapat melakukan kegiatan bekerjasama di lingkungan rumah.
E.
Materi
Ajar
A.Pengertian Kerja Sama
Pernahkah
kalian piket membersihkan kelas? Tujuan piket kelas agar kelas menjadi bersih.
Piket kelas biasanya dilaksanakan bersama-sama. Kalau kamu menyapu ruang kelas
sendiri, kamu akan kelelahan. Kelas juga akan bersih dalam waktu yang lama.
Untuk bias membersihkan ruang kelas dengan cepat, kamu harus bekerja sama
dengan teman-teman satu kelompok piketmu.
Pernahkah
kamu melihat pertandingan sepak bola? Kalau kamu bermain sepak bola, kamu tentu
ingin memasukkan bola ke gawang lawan. Untuk bias mencetak gol, kamu harus
bekerja sama dengan teman satu timmu. Melakukan tindakan bersama orang lain
disebut kerja sama. Orang melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
B. Syarat Melakukan Kerja Sama
Bagaimana
agar kerja sama bisa berhasil dengan baik? Tujuan kerja sama bisa tercapai
dengan sukarela. Kerja sama juga bisa tercapai jika kerja sama saling
menguntungkan. Adapun syarat melakukan kerja sama adalah berikut ini.
1. Sukarela
Apakah
sukarela itu? Mau melakukan kerja sama tanpa dipaksa dinamakan sukarela. Kerja
sama yang baik harus berdasarkan sukarela. Kerja sama dengan paksaan maka tidak
baik. Orang yang dipaksa kerjanya malas-malasan.
Pernahkah
kamu dipaksa melakukan sesuatu? Bagaimana perasaanmu? Kamu malas, bukan? Dalam
bekerja sama harus tanpa paksaan. Bagaimana agar dapat bekerja sama secara
sukarela? Jika ingin mengajak orang lain bekerja sama, ajaklah dengan baik.
Jangan memaksakan kehendak kepada orang lain.
2. Saling Menguntungkan
Kerja
sama akan berhasil baik jika saling menguntungkan. Semuanya merasa untung.
Tidak ada yang merasa dirugikan. Semua orang mendapat bagian tugasnya.
Pekerjaan dibagi dengan rata.Bagaimana jika pekerjaan tidak dibagi rata?
Tentunya ada yang akan merasa keberatan, bukan?
C. Bentuk-Bentuk Kerja Sama
Mengapa
kita harus bekerja sama dengan tetangga? Apa saja bentuk kerja sama dengan
tetangga? Tetangga kita seperti saudara kita. Apalagi jika kita tinggal jauh dari
saudara. Jika kita sedang kesusahan, kita bisa minta tolong pada tetangga kita.
Begitu juga jika tetangga kita kesusahan, kita harus membantu mereka. Kita
harus bisa bekerja sama dengan tetangga kita.Ada beberapa bentuk kerja sama
yang bisa kita lakukan bersama tetangga.
1. Membantu Tetangga
Sesama
tetangga harus saling menolong. Jika kita berbuat baik pada hari ini, suatu
saat kita akan ditolong. Banyak perbuatan baik untuk membantu tetangga. Saat tetanggamu
punya keperluan kamu dapat membantu.
2.Gotong Royong
Pada
suatu hari hujan lebat. Sebuah pohon tumbang menimpa rumah Pak Made. Atap rumah
Pak Made rusak. Semua warga dating membantu memperbaiki atap rumah Pak Made.
Warga laki-laki berdatangan dengan membawa berbagai peralatan. Semua membantu
memperbaiki atap rumah Pak Made. Akhirnya rumah Pak Made selesai diperbaiki.
Cerita di atas merupakan contoh gotong royong. Gotong royong merupakan
pekerjaan yang dilakukan secara bersama. Dengan bergotong royong pekerjaan
cepat selesai. Dengan bergotong royong semangat persaudaraan, persatuan, dan kesatuan
dapat terus terjalin. Gotong royong merupakan ciri khas bangsa Indonesia.
3.Kerja Bakti
Sebentar
lagi tanggal 17 Agustus. Pada tanggal 17 Agustus kita merayakan kemerdekaan Indonesia.
Pak Tono selaku ketua RT 5/RW 12 memberitahukan bahwa hari Minggu ada kerja
bakti. Semua warga akan membersihkan jalan. Sudah lama jalan tidak dibersihkan.
Banyak rumput tumbuh di jalan. Pada hari Minggu, warga laki-laki berkumpul di
sepanjang jalan. Ada yang membawa sabit. Ada yang membawa cangkul. Semua warga
membersihkan rumput. Rumput-rumput dicabuti. Ibu-ibu menyediakan aneka makanan.
Ada juga berbagai minuman. Tepat pukul 12 siang, pekerjaan selesai. Sebelum
pulang, warga menikmati makanan yang telah disediakan. Sekarang jalan-jalan di
RT 5 terlihat bersih.
4.Siskamling
Lingkungan
tempat tinggal yang aman sangat dibutuhkan. Lingkungan yang aman akan menjadikan
hidup nyaman. Siapa yang menjaga keamanan lingkungan? Bagaimana agar lingkungan
kita aman? Keamanan lingkungan merupakan tanggung
jawab
warga masyarakat. Kita bisa menjaga keamanan dengan ronda malam. Ronda malam
dilakukan oleh semua warga secara bergiliran. Bagaimana dengan siang hari?
Apakah tidak perlu dijaga? Di siang hari, warga juga harus menjaga keamanan.
Jika ada orang yang mencurigakan, laporkan kepada ketua RT setempat.
D. Manfaat Kerja Sama
Tahukah
kamu apa manfaat kerja sama? Manfaat yang diperoleh dari kerja sama sebagai
berikut.
1. Mempercepat Selesainya Pekerjaan
Membersihkan
kelas bersama akan lebih cepat, bukan? Coba kalau kamu membersihkan sendiri.
Akan sangat lama baru selesai. Pekerjaan yang dilakukan bersama-sama akan lebih
cepat selesai. Berbeda dengan pekerjaan yang hanya kita lakukan sendiri.
2. Menghemat Tenaga
Pekerjaan
akan terasa berat jika dilakukan sendiri. Tapi jika dilakukan bersama akan
terasa ringan. Coba kalau kamu piket kelas sendirian. Kamu akan merasa berat,
bukan? Jika kamu bersama temanmu bekerja sama tentu akan terasa ringan.
3. Mempererat Hubungan Persaudaraan
Kalau
kamu sering melakukan pekerjaan bersama-sama temanmu maka kalian akan semakin
akrab. Kamu piket bersama temanmu tentu kamu akan semakin akrab dengan temanmu.
Kamu dapat mengenal rumahnya. Kamu juga akan tahu kebiasaannya.
4. Terciptanya Rasa Aman
Kita
akan merasa aman tinggal di lingkungan yang aman. Kita bisa aman kalau kita
bisa bekerja sama dengan orang lain. Lingkungan yang aman merupakan hasil kerja
sama dalam mengamankan lingkungan.
5. Lingkungan Menjadi Bersih dan
Nyaman
Lingkungan
menjadi bersih dan indah karena warga rajin mengadakan kerja bakti. Kerja bakti
bisa dilakukan sebulan sekali. Dengan kerja bakti, timbunan sampah dapat
dibersihkan dari selokan, halaman, atau taman.
F.
Alokasi
Waktu
90
menit (3 x 30 menit)
G.
Metode
Pembelajaran
1. Kontekstual
2. Deskripsi
3. Diskusi
4. Penugasan
H.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan
1. Pembelajaran
dimulai dengan salam dan doa.
2. Mengecek
kehadiran siswa.
3. Guru
memberi apersepsi untuk menggali pengetahuan siswa:
A. Siapa
yang pernah membantu ibu membersihkan rumah?
B. Apakah
kegiatan itu termasuk kerja sama?
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.
Kegiatan
Inti
1. Murid
menyimak penjelasan guru tentang materi kerjasama. (Elaborasi)
2. Murid
dibagi menjadi delapan kelompok (1 kelompok terdiri dari 5 orang) untuk
berdiskusi menjawab pertanyaan yang diberikan guru. (Eksplorasi)
3. Melalui media belajar selembar kertas yang
berisi gambar kegiatan kerja sama dilingkungan sekolah dan lingkungan rumah,
murid melakukan diskusi untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
(Eksplorasi)
4. Secara
berdiskusi, murid mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru.
(Eksplorasi)
5. Setelah
selesai berdiskusi, guru meminta 1 orang sebagai perwakilan kelompok untuk maju
kedepan kelas dan membacakan hasil diskusi mereka. (Elaborasi)
6. Murid
lain menyimak jawaban dari siswa yang maju kedepan kelas. (Elaborasi)
7. Murid
kembali ke tempat duduk masing-masing. (Elaborasi)
8. Murid
diberikan pujian oleh guru karena sudah berani maju ke depan dan guru menambahkan
sedikit penjelasan kepada jawaban siswa yang sudah dibacakan di depan kelas.
(Konfirmasi)
9. Murid
ditanya apakah mereka mengerti atau belum. Apabila mengerti maka pelajaran akan
dilanjutkan. Namun, apabila belum mengerti maka guru akan menjelaskan bagian yang
belum dimengerti oleh murid. (Konfirmasi)
10. Pemahaman
murid tentang materi kerja sama dicek melalui permainan oleh guru. Dengan cara
meminta perwakilan kelompok untuk menjawab pertanyaan guru mengenai materi
kerja sama tentang pengertian, bentuk, syarat dan manfaatnya. Apabila ada murid
didalam kelompok itu yang tidak bisa menjawab, maka anggota lain dikelompok
murid itu diperbolehkan untuk membantu menjawab. (Elaborasi)
11. Murid
menjawab pertanyaan dari guru.
12. Murid
diberi pujian karena dapat menjawab pertanyaan dari guru. (Elaborasi)
13. Menjelaskan
materi tambahan yang tepat kepada murid (penjelasan materi yang belum tepat
dimengerti oleh murid). (Konfirmasi)
3.
Kegiatan
Penutup
1. Bertanya
kepada murid apakah ada materi lagi yang belum dimengerti pada pembelajaran
hari ini.
2. Guru
bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran hari ini.
3. Pembelajaran
ditutup dengan doa dan salam.
I.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Tes/Evaluasi
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.Apa yang dimaksud
dengan kerja sama?
2. Sebutkan
bentuk-bentuk dan syarat-syarat kerja sama!
3. Kegiatan apa sajakah
yang dapat dilakukan secara bekerja sama dilingkungan sekolah?
4. Tuliskan manfaat
kerja sama yang dapat dilakukan dilingkungan sekolah!
5. Apa yang dapat kamu
lakukan untuk membantu kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan tempat
tinggalmu?
2.
Kunci
Jawaban
1.Kerja
sama adalah melakukan
tindakan bersama orang lain untuk mencapai tujuan bersama.
2. Bentuk-bentuk kerja sama adalah
membantu tetangga, gotong royong, kerja bakti, dan melakukan siskamling
dilingkungan rumah atau tempat tinggal. Sedangkan syarat-syarat kerja sama
adalah harus sukarela dan saling menguntungkan satu sama lain.
3. Berdiskusi dengan teman,
bersama-sama membersihkan dan menghias kelas, dan gotong royong membersihkan
lingkungan sekolah.
4. Mempercepat penyelesaian
pekerjaan, mempererat hubungan pertemanan, dapat menghargai perbedaan saat
berpendapat, menghemat tenaga dalam melakukan sesuatu dan lingkungan menjadi
bersih.
5. Membantu mengumpulkan sampah dan
membuang pada tempat yang sudah disediakan, membantu mencabuti rumput liar yang
tidak rapi dan membantu menghias lingkungan sekitar tempat tinggal.
3.
Penilaian
Nilai
Akhir = Soal yang benar x 20
|
J.
Media
dan Sumber Belajar
1.
Media
Kertas
yang berisi gambar kerja sama dilingkungan sekolah.
2.
Sumber
Belajar
1. Badan
Standar Nasional Pendidikan.2006.Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI.Jakarta:BSNP
2. Nursa’ban,
Muhammad dan Rusmawan.2008.Ilmu
Pengetahuan Sosial 3 Untuk SD/MI Kelas III.Surakarta:Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional (BSE) Halaman 25-34
Tidak ada komentar:
Posting Komentar