RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan    : Sekolah Dasar
Kelas/Semester          : III (Tiga) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Materi                         : Kerja Sama
Jumlah Pertemuan    : 1 kali pertemuan (3 x 30 menit)
Kurikulum                 : 2006


A.    Standar Kompetensi
1.      Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.

B.     Kompetensi Dasar
1.4  Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.4.1        Menjelaskan materi kerjasama
1.4.2        Memberikan 3 contoh kerjasama dilingkungan sekolah.
1.4.3        Memberikan 3 contoh kerjasama di lingkungan rumah.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah melakukan tanya jawab dan menyimak penjelasan guru tentang kerjasama, siswa dapat menjelaskan materi bekerja sama.
2.      Dengan media belajar selembar kertas yang berisi gambar kegiatan kerjasama, siswa dapat melakukan kegiatan bekerjasama dilingkungan sekolah.
3.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat melakukan kegiatan bekerjasama  di lingkungan rumah.

E.     Materi Ajar
A.Pengertian Kerja Sama
Pernahkah kalian piket membersihkan kelas? Tujuan piket kelas agar kelas menjadi bersih. Piket kelas biasanya dilaksanakan bersama-sama. Kalau kamu menyapu ruang kelas sendiri, kamu akan kelelahan. Kelas juga akan bersih dalam waktu yang lama. Untuk bias membersihkan ruang kelas dengan cepat, kamu harus bekerja sama dengan teman-teman satu kelompok piketmu.
Pernahkah kamu melihat pertandingan sepak bola? Kalau kamu bermain sepak bola, kamu tentu ingin memasukkan bola ke gawang lawan. Untuk bias mencetak gol, kamu harus bekerja sama dengan teman satu timmu. Melakukan tindakan bersama orang lain disebut kerja sama. Orang melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
B. Syarat Melakukan Kerja Sama
Bagaimana agar kerja sama bisa berhasil dengan baik? Tujuan kerja sama bisa tercapai dengan sukarela. Kerja sama juga bisa tercapai jika kerja sama saling menguntungkan. Adapun syarat melakukan kerja sama adalah berikut ini.
1. Sukarela
Apakah sukarela itu? Mau melakukan kerja sama tanpa dipaksa dinamakan sukarela. Kerja sama yang baik harus berdasarkan sukarela. Kerja sama dengan paksaan maka tidak baik. Orang yang dipaksa kerjanya malas-malasan.
Pernahkah kamu dipaksa melakukan sesuatu? Bagaimana perasaanmu? Kamu malas, bukan? Dalam bekerja sama harus tanpa paksaan. Bagaimana agar dapat bekerja sama secara sukarela? Jika ingin mengajak orang lain bekerja sama, ajaklah dengan baik. Jangan memaksakan kehendak kepada orang lain.
2. Saling Menguntungkan
Kerja sama akan berhasil baik jika saling menguntungkan. Semuanya merasa untung. Tidak ada yang merasa dirugikan. Semua orang mendapat bagian tugasnya. Pekerjaan dibagi dengan rata.Bagaimana jika pekerjaan tidak dibagi rata? Tentunya ada yang akan merasa keberatan, bukan?
C. Bentuk-Bentuk Kerja Sama
Mengapa kita harus bekerja sama dengan tetangga? Apa saja bentuk kerja sama dengan tetangga? Tetangga kita seperti saudara kita. Apalagi jika kita tinggal jauh dari saudara. Jika kita sedang kesusahan, kita bisa minta tolong pada tetangga kita. Begitu juga jika tetangga kita kesusahan, kita harus membantu mereka. Kita harus bisa bekerja sama dengan tetangga kita.Ada beberapa bentuk kerja sama yang bisa kita lakukan bersama tetangga.
1. Membantu Tetangga
Sesama tetangga harus saling menolong. Jika kita berbuat baik pada hari ini, suatu saat kita akan ditolong. Banyak perbuatan baik untuk membantu tetangga. Saat tetanggamu punya keperluan kamu dapat membantu.
2.Gotong Royong
Pada suatu hari hujan lebat. Sebuah pohon tumbang menimpa rumah Pak Made. Atap rumah Pak Made rusak. Semua warga dating membantu memperbaiki atap rumah Pak Made. Warga laki-laki berdatangan dengan membawa berbagai peralatan. Semua membantu memperbaiki atap rumah Pak Made. Akhirnya rumah Pak Made selesai diperbaiki. Cerita di atas merupakan contoh gotong royong. Gotong royong merupakan pekerjaan yang dilakukan secara bersama. Dengan bergotong royong pekerjaan cepat selesai. Dengan bergotong royong semangat persaudaraan, persatuan, dan kesatuan dapat terus terjalin. Gotong royong merupakan ciri khas bangsa Indonesia.
3.Kerja Bakti
Sebentar lagi tanggal 17 Agustus. Pada tanggal 17 Agustus kita merayakan kemerdekaan Indonesia. Pak Tono selaku ketua RT 5/RW 12 memberitahukan bahwa hari Minggu ada kerja bakti. Semua warga akan membersihkan jalan. Sudah lama jalan tidak dibersihkan. Banyak rumput tumbuh di jalan. Pada hari Minggu, warga laki-laki berkumpul di sepanjang jalan. Ada yang membawa sabit. Ada yang membawa cangkul. Semua warga membersihkan rumput. Rumput-rumput dicabuti. Ibu-ibu menyediakan aneka makanan. Ada juga berbagai minuman. Tepat pukul 12 siang, pekerjaan selesai. Sebelum pulang, warga menikmati makanan yang telah disediakan. Sekarang jalan-jalan di RT 5 terlihat bersih.
4.Siskamling
Lingkungan tempat tinggal yang aman sangat dibutuhkan. Lingkungan yang aman akan menjadikan hidup nyaman. Siapa yang menjaga keamanan lingkungan? Bagaimana agar lingkungan kita aman? Keamanan lingkungan merupakan tanggung
jawab warga masyarakat. Kita bisa menjaga keamanan dengan ronda malam. Ronda malam dilakukan oleh semua warga secara bergiliran. Bagaimana dengan siang hari? Apakah tidak perlu dijaga? Di siang hari, warga juga harus menjaga keamanan. Jika ada orang yang mencurigakan, laporkan kepada ketua RT setempat.
D. Manfaat Kerja Sama
Tahukah kamu apa manfaat kerja sama? Manfaat yang diperoleh dari kerja sama sebagai berikut.
1. Mempercepat Selesainya Pekerjaan
Membersihkan kelas bersama akan lebih cepat, bukan? Coba kalau kamu membersihkan sendiri. Akan sangat lama baru selesai. Pekerjaan yang dilakukan bersama-sama akan lebih cepat selesai. Berbeda dengan pekerjaan yang hanya kita lakukan sendiri.
2. Menghemat Tenaga
Pekerjaan akan terasa berat jika dilakukan sendiri. Tapi jika dilakukan bersama akan terasa ringan. Coba kalau kamu piket kelas sendirian. Kamu akan merasa berat, bukan? Jika kamu bersama temanmu bekerja sama tentu akan terasa ringan.
3. Mempererat Hubungan Persaudaraan
Kalau kamu sering melakukan pekerjaan bersama-sama temanmu maka kalian akan semakin akrab. Kamu piket bersama temanmu tentu kamu akan semakin akrab dengan temanmu. Kamu dapat mengenal rumahnya. Kamu juga akan tahu  kebiasaannya.
4. Terciptanya Rasa Aman
Kita akan merasa aman tinggal di lingkungan yang aman. Kita bisa aman kalau kita bisa bekerja sama dengan orang lain. Lingkungan yang aman merupakan hasil kerja sama dalam mengamankan lingkungan.
5. Lingkungan Menjadi Bersih dan Nyaman
Lingkungan menjadi bersih dan indah karena warga rajin mengadakan kerja bakti. Kerja bakti bisa dilakukan sebulan sekali. Dengan kerja bakti, timbunan sampah dapat dibersihkan dari selokan, halaman, atau taman.

F.     Alokasi Waktu
90 menit (3 x 30 menit)
G.    Metode Pembelajaran
1.      Kontekstual
2.      Deskripsi
3.      Diskusi
4.      Penugasan

H.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
1.      Pembelajaran dimulai dengan salam dan doa.
2.      Mengecek kehadiran siswa.
3.      Guru memberi apersepsi untuk menggali pengetahuan siswa:
A.    Siapa yang pernah membantu ibu membersihkan rumah?
B.     Apakah kegiatan itu termasuk kerja sama?
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2.      Kegiatan Inti
1.      Murid menyimak penjelasan guru tentang materi kerjasama. (Elaborasi)
2.      Murid dibagi menjadi delapan kelompok (1 kelompok terdiri dari 5 orang) untuk berdiskusi menjawab pertanyaan yang diberikan guru. (Eksplorasi)
3.       Melalui media belajar selembar kertas yang berisi gambar kegiatan kerja sama dilingkungan sekolah dan lingkungan rumah, murid melakukan diskusi untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru. (Eksplorasi)
4.      Secara berdiskusi, murid mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru. (Eksplorasi)
5.      Setelah selesai berdiskusi, guru meminta 1 orang sebagai perwakilan kelompok untuk maju kedepan kelas dan membacakan hasil diskusi mereka. (Elaborasi)
6.      Murid lain menyimak jawaban dari siswa yang maju kedepan kelas. (Elaborasi)
7.      Murid kembali ke tempat duduk masing-masing. (Elaborasi)
8.      Murid diberikan pujian oleh guru karena sudah berani maju ke depan dan guru menambahkan sedikit penjelasan kepada jawaban siswa yang sudah dibacakan di depan kelas. (Konfirmasi)
9.      Murid ditanya apakah mereka mengerti atau belum. Apabila mengerti maka pelajaran akan dilanjutkan. Namun, apabila belum mengerti maka guru akan menjelaskan bagian yang belum dimengerti oleh murid. (Konfirmasi)
10.  Pemahaman murid tentang materi kerja sama dicek melalui permainan oleh guru. Dengan cara meminta perwakilan kelompok untuk menjawab pertanyaan guru mengenai materi kerja sama tentang pengertian, bentuk, syarat dan manfaatnya. Apabila ada murid didalam kelompok itu yang tidak bisa menjawab, maka anggota lain dikelompok murid itu diperbolehkan untuk membantu menjawab. (Elaborasi)
11.  Murid menjawab pertanyaan dari guru.
12.  Murid diberi pujian karena dapat menjawab pertanyaan dari guru. (Elaborasi)
13.  Menjelaskan materi tambahan yang tepat kepada murid (penjelasan materi yang belum tepat dimengerti oleh murid). (Konfirmasi)

3.      Kegiatan Penutup
1.      Bertanya kepada murid apakah ada materi lagi yang belum dimengerti pada pembelajaran hari ini.
2.      Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran hari ini.
3.      Pembelajaran ditutup dengan doa dan salam.

I.       Penilaian Hasil Belajar
1.      Tes/Evaluasi
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.Apa yang dimaksud dengan kerja sama?
2. Sebutkan bentuk-bentuk dan syarat-syarat kerja sama!
3. Kegiatan apa sajakah yang dapat dilakukan secara bekerja sama dilingkungan sekolah?
4. Tuliskan manfaat kerja sama yang dapat dilakukan dilingkungan sekolah!
5. Apa yang dapat kamu lakukan untuk membantu kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan tempat tinggalmu?

2.      Kunci Jawaban
1.Kerja sama adalah melakukan tindakan bersama orang lain untuk mencapai tujuan bersama.
2. Bentuk-bentuk kerja sama adalah membantu tetangga, gotong royong, kerja bakti, dan melakukan siskamling dilingkungan rumah atau tempat tinggal. Sedangkan syarat-syarat kerja sama adalah harus sukarela dan saling menguntungkan satu sama lain.
3. Berdiskusi dengan teman, bersama-sama membersihkan dan menghias kelas, dan gotong royong membersihkan lingkungan sekolah.
4. Mempercepat penyelesaian pekerjaan, mempererat hubungan pertemanan, dapat menghargai perbedaan saat berpendapat, menghemat tenaga dalam melakukan sesuatu dan lingkungan menjadi bersih.
5. Membantu mengumpulkan sampah dan membuang pada tempat yang sudah disediakan, membantu mencabuti rumput liar yang tidak rapi dan membantu menghias lingkungan sekitar tempat tinggal.

3.      Penilaian
Nilai Akhir = Soal yang benar x 20

J.      Media dan Sumber Belajar
1.      Media
Kertas yang berisi gambar kerja sama dilingkungan sekolah.
2.      Sumber Belajar
1.      Badan Standar Nasional Pendidikan.2006.Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI.Jakarta:BSNP
2.      Nursa’ban, Muhammad dan Rusmawan.2008.Ilmu Pengetahuan Sosial 3 Untuk SD/MI Kelas III.Surakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional (BSE) Halaman 25-34

Tidak ada komentar:

Posting Komentar